Sejarah Perkembangan Android

Home » » Sejarah Perkembangan Android
Sobat Blogger, Perjalan Android dimulai sejak Oktober 2003 ketika 4 orang pakar IT yang bernama Andi Rubin, Rick Minner, Nick Sears dan Chris White mendirikan Android Inc. di California. Tujuan mereka  mendirikan Android Inc. adalah untuk mewujudkan mobile device yag lebih peka dan mudah di mengerti pemiliknya. Pada Agustus 2005 Raksasa Google mulai mengakuisisi Android. OS Android dibangun berbasis platform Linux yang bersifat open source. Dengan nama besar Google dan konsep open source pada OS Android tidak membutuhkan waktu lama untuk bersaing dan menyisihkan Mobile OS lainnya seperti Symbian, Windows mobile, Blackberry dan iOS. Kini siapa yang tak kenal Android yang telah menjelma menjadi Raksasa Operating sistem bagi Smartphone.
Pada November 2007 dibentuklah Open Handset Alliance (OHA) yang merupakan konsersium beranggotakan perusahaan-perusahaan besar yang khususnya bergerak dibidang mobile phone seperti Broadcom, Intel, LG, Motorola, Nvidia, Qualcom, T-Mobile, dll. Dan setahun kemudian pada 2008, 14 perusahaan besar lainnnya bergabung dalam OHA. Hal ini merupakan langkah besar bagi Android untuk menguasai pasar mobile.
Open Handset Alliance yang dipimpin oleh Google terus mengembangkan Android dan hingga saat ini sudah tercatat 10 versi yang dimemiliki Android. Beberapa dari Sobat Blogger mungkin sudah mendengar tenteng versi Android ini, namun apakah Sobat sadar kalau setiap versi Android memiliki Conename berbasis hidangan penutup, dan tersusun berdasarkan alphabetis. Mari Sobat Blogger kita simak nama versi yang pertama dibuat hingga yang terbaru saai ini.

Pre-Commersial Releasa ( 2007-2008 )

 Android Apple Pie
Google dan OHA telah merilis setidaknya dua versi sebelum Android beta dirilis pada bulan November 2007. Versi Alpha rilis memiloiki beberapa codename yaitu Astro Boy, Bender dan R2-D2.

Android Banana Bread
Android beta dirilis pada tanggal 5 November 2007, Sedangkan softare development kid (SDK) telah dirilis pada tanggal 12 November 2007.

Android 1.5 Cupcake
Android 1.5 cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009. Cupcake menjadi versi android pertama yang menggunakan nama makanan. konon katanya versi ini seharusnya versi 1.2, namun google memutuskan untuk membuat revisi besar dan membuatnya menjadi versi 1.5. Cupcake adalah kue kecil yang dipanggang dalam cetakan berbentuk cup.

Android 1.6 Donut
Android versi 1.6 Donut dirilis pada tanggal 15 September 2009. Pada versi ini diperbaiki beberapa vitur foto, video, dan mengintegrasi pencarian yang lebih baik. Donut merupakan penganan berbentuk cincin.

.
Share this article :